18 nilai dalam pemdidikan karakter bangsa

Pendidikan Karakter
Ada 18 nilai-nilai dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dibuat oleh Diknas.  Mulai tahun ajaran 2011, seluruh tingkat pendidikan di Indonesia harus menyisipkan pendidikan berkarakter tersebut dalam proses pendidikannya.
18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter menurut Diknas adalah:
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komunikatif
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
14. Cinta Damai
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
15. Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung Jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Sumber: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010
***
Apakah inisiatif pendidikan karakter di sekolah ini akan berhasil atau hanya sekedar menjadi dokumen formalitas belaka, mari kita lihat. Salah satu indikator sederhana yang bisa kita lihat bersama adalah apakah kecurangan UN akan hilang atau tetap saja tak berubah seperti biasanya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

10 Artis korea tertampan


1. Hyun Bin (Secret Garden, World’s Within). Profil Hyun Bin di sini
artis korea ganteng

2. Lee Min Hoo (Personal Taste, City Hunter). Foto Min Ho lainnya di sini.
artis korea ganteng
3. Bi Rain (Full House)
artis korea ganteng

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

peranan sekolah dalam kehidupan sosial

BAB I
PENDAHULUAN
1.L Latar belakang
Beberapa orang tokoh seperti Ivan Illich dengan karyanya Deschooling Society maupun Paulo Freire sudah meragukan peranan sekolah sebagai lembaga pendidikan dalam mempersiapkan generasi masa depan. Tetapi sebagian besar masyarakat, nampaknya tetap menaruh harapan besar dan mempunyai tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap sistem persekolahan sebagai pusat pendidikan. Bahkan ada semacam kecenderungan bahwa sekolah sebagai taruhan, sementara di sisi lain, seperti sistem pondok pesantern relatif kurang diminati masyarakat jika dibandingkan dengan sekolah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

UCUP


SEBUAH CERITA

Ucup namanya.Dengan rambut merah menyala,kaos kuning dan celana ketat hijau,ia lebih mirip lampu lalu lintas dibandingkan manusia pada umumnya.Dengan gayanya yang melambai seperti banci, ia berjalan dengan anggun dan penuh perasaan. Dengan rambut merahnya ditiup oleh angin sepoi-sepoi yang membuat dahinya terlihat lebar dan menyilaukan. Ia merasa dirinya adalah wanita namun sayangnya ia tidak menyadari bahwa ia memiliki bulu kaki sepanjang 10 inchi yang notabene-nya tidak dimiliki oleh wanita pada umumnya.

Ucup pun duduk disebuah taman ia tiba-tiba menangis histeris yang menyebabkan Tukang es cendol dan Tukang bakso yang kebetulan lewat serempak melakukan pingsan berjama'ah. “Huhuhu, hidup ini tidak adil cin ,eman eke semuanya pada lulus Ujian Nasional, kok eke tidak? Eke malu cin. Padahal eke kan pintar, otak eke masih lebih encer dibandingkan kodok cin” ucup bermonolog ria.ia tak sadar bahwa dibawah kakinya ada seekor kodok yang kebetulan lewat.“Sompret lo” omel kodok yang tidak rela otaknya diremehkan ucup.

·“Mending eke bunuh diri pake jarum pentul aja” kata ucup dan bless,,, darah keluar dari kulitnya,setelah ia menusukkan jarum pentul kearah urat nadinya. Dengan heboh layaknya Pak Hendra di Sitkom OB yang bertemu artis idolanya, ucup pun berteriak“Ya ampun tangan eke berdarah. Eke takut darah cin tolong tolong” ucup keselek lalat dan pingsan. Si lalat tentu saja tewas karena si lalat terjebak dalam tenggorokan ucup yang lebih mengerikan dari pada terowongan Casablanca.

Saat Ucup siuman,Ucup terkejut kerena melihat sesosok Kakek-Kakek memakai jubah putih. Ucup mengira bahwa ia sudah meninggal dan Kakek-Kakek itu adalah malaikat dari Surga tapi Ucup berpikir mana ada malaikat mukanya keriput dan rambutnya putih semua “Nak,diminum dulu airnya!”kata Kakek.Ucup mencoba berpikir lagi,mana ada malaikat nyruh minum air putih. “eke di mana cin ?”tanya Ucup.              Kakek tersenyum dan menjawab “kamu ada di rumah Kakek,tadi ada warga menemukan kamu pingsan di taman ,dan mengantar kamu kesini”.Ucup terkejut,kerena ia ternyata tidak di Surga tetapi hanya di rumah Kakek-Kakek yang dikiranya adalah seorang malaikat. “makasih yah Kek sudah membantu saya !”kata Ucup dengan nada lembut.

Pembicaraan Ucup dengan Kakek pun semakin akrab,sehingga membuat hubungan mereka semakin dekat.Ucup menceritakan kisah hidupnya yang sangat rumit.Dari Ibunya yang meninggal waktu melahirkanya,ayahnya yang masuk penjara disaat umurnya 11 tahun kerena narkoba,sampai Ia menjadi banci kerena kekurangan kasih sayang dari orang tua.Dan tentang Ucup yang tidak lulus Ujian Nasional

Kakek pun mencoba menasehati Ucup supaya sabar menjalani hidup yang seperti fatamorgana ini,Kakek juga menyuruh Ucup untuk merubah gaya pakaiannya dan prilakunya sebagai laki-laki tulen. Kakek juga mengajari Ucup tentang ilmu agama,yang selama ini tidak pernah  Ia pelajari.
Ucup merasa bahwa hubunganya dengan Kakek yang seorang Marbot mushola membuatnya nyaman,
Akhirnya,Ucup memutuskan untuk tinggal bersama Kakek.Ucup merasa kasian kepada Kakek,kerena di umur Kakek yang sudah tua dan kondisi Kakek yang tidak memumgkinkan lagi untuk bekerja sebagai marbot,dan lagi Kakek yang hidup sendiri kerena tidak mempunyai istri dan anak.Berkat hubunganya dengan Kakek pula kini prilaku,penampilan,dan perkataan Ucup berubah 180 derajat,Ucup sudah menyadari kodratnya sebagai laki-laki.


                                                                                     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara Membaca pikiran seseorang


Banyak anggapan bahwa membaca pikiran adalah pekerjaan seorang psikolog, paranormal atau bahkan dukun. Namun, percaya atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari, anda semua adalah seorang pembaca pikiran. Sebab, tanpa kemampuan untuk mengetahui pikiran serta perasaan orang lain, kita semua tak akan mampu menghadapi situasi sosial semudah apapun. Dengan membaca pikiran, kita dapat membuat perkiraan tentang tingkah laku seseorang lalu membuat kita dapat menentukan keputusan berikutnya.
Jika kita melakukan pembacaan ini dengan buruk, dampaknya bisa serius: konflik bisa saja terjadi akibat kesalahpahaman. Contoh yang nyata kesulitan mengenali pikiran dan perasaan orang lain—mindblindness, dapat dilihat pada penyandang autisme, dimana ketidakmampuan tersebut menjadi suatu kondisi yang mengganggu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Ramalan Bintangmu apa ?


Ramalan Bintang Capricorn http://duniauntukku.files.wordpress.com/2010/04/capricorn-mg.gifPendiam, Rajin dan Ambisius, Materialis, Gengsi Tinggi, Suka Memerintah, Sukamemperalat Orang Lain.
Entah kenapa segala sesuatunya menjadi rumit bahkan mengarah ke arah pertengkaran hebat. Emosi pun tidak bisa diredakan karena sudah mencapai batasnya. Jika memang kesal, jangan ditimpakan ke anak-anak, ya.
Pekerjaan: Kelewat batas.
Keuangan: Salah hitung.
Asmara: Pamer kemesraan.
Pasangan Serasi : Cancer, Taurus, Virgo, Scorpio, Pisces
Pasangan Tidak Serasi : Gemini, Leo, Sagitarius, Aquarius
Hari Keberuntungan : Sabtu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS